Linux of my life

Elementary Os

Os ini merupakan os kedua yang pernah diicip setelah ubuntu. Pengenalan dengan ubuntu tak lepas dari sodara yang mendapatkan cd installer os ubuntu yang katanya original dari sananya (luar negeri). 😋

Karena dual os dengan window, penggunaan ubuntu pun tak lepas mirip dengan “pulang kampung sekali setahun”, ditengok hanya sekali-kali. Untuk sekarang, window masih memegang peranan yang baik untuk penggunaan kelas berat, seperti program engineering, modeling, desaigning. Karena developer program kelas berat masih menggunakan window sebagai basis aplikasinya.

Berhubung linux and friends merupakan salah satu pilar opensource, penggunaan linux masih dipertahankan. Berharap suatu hari bisa lepas diri dari rongrongan window yang berbayar 😂.

Elementary os merupakan os linux yang berbasiskan ubuntu, sehingga permasalahan yang terjadi pada elementary os tidak jauh dari ubuntu (Beserta resipotery nya). Kelebihan elementary os ini lebih ketampilannya lebih ke mac os dan pilihan software bawaan yang lebih smooth tampilannya.

Permasalahan yang pernah dihadapi 😦 : 

1. Untuk versi Luna kebawah, tidak bisa updatenya dari versi ini ke versi terbaru, pada akhir tahun 2016, pihak elementary os merilis versi Loki dan jika mau meng-update ke versi terbaru, mesti diinstall ulang bersih dari awal. 😦

2. Kursornya hilang setelah os dibuka karena sebelumnya di Lock.

Solusi : tekan f3 kemudian f7

3. Application menu tidak tampil setelah diklik langsung atau melalui hot corner.

Solusi : silahkan buka terminal dan ketik pkill slingshot

Advertisements