Kupas ebook anti tunda (1)

Ada beberapa nasehat yang saya ambil dari ebook pengusir rasa suka menunda-nunda pekerjaan, begitu banyak halaman menyebabkan kacang-kacangan dan minuman energi menjadi teman santai kali ini.

  1. Jangan bayangkan sebuah hutan namun satu pohon. Kita perlu menentukan satu tujuan kecil yang jelas dan selesaikan kemudian tentukan satu tujuan kecil lagi lalu selesaikan, satu per satu pohon akan membentuk hutan suatu hari nanti. Seperti yang saya lakukan kali ini, belajar pemograman, bahasa jerman, 3D dll dalam waktu bersamaan, sehingga hasilnya tidak maksimal, kesulitan mengatur waktu :D, seharusnya satu tujuan dalam satu waktu.
  2. Rasa malas itu menjalar dari pagi hingga berganti hari, sehingga usahakan pagi hari sudah dalam produktifitas tinggi. Bangun telat dan berleha-leha dipagi hari bukan lah contoh sifat produktivitas tinggi.
  3. Buat daftar to-do-list yang actionable, maksudnya daripada sekedar membuat *baca buku kesehatan* mungkin bisa diganti dengan *baca buku kesehatan karangan anu bab 1*. Buat daftar list yang realistis untuk dikerjakan.
  4. Jangan terlalu perfeksionis dalam memulai sesuatu hal, lakukan dahulu apa yang sanggup dilakukan, revisi dapat menyusul, “something is always better than nothing and you can’t edit a blank page”.
  5. Tentukan tujuan yang besar lalu cicil dalam pelaksanaannya, seperti contoh seorang pegawai 8 jam disebuah kantor namun mampu menghasilkan banyak novel, dengan menetapkan 3 jam dipagi sebelum kerja untuk menulis dengan 250 kata/15 menit, dalam 10 bulan dia mampu menghasilkan setidaknya sebuah novel trilogi. Tujuan besar : novel trilogi, cicilan : 250 kata/15 menit setiap hari.
  6. Buat daftar gangguan, terkadang ketika kita sedang fokus dalam mengerjakan tugas, ada saja hal lain yang terlintas dikepala, agar tidak terlarut-larut memikirkan hal lain tsb, tuliskan dalam daftar gangguan dan daftar ini akan diproses dilain waktu.
  7. Time Blocks, atur timer, hingga timer berbunyi tidak boleh ada gangguan baik dari hp, televisi dll
  8. Duduk sejenak, sama halnya dengan time blocks namun yang ini tidak boleh pindah-pindah hingga waktu yang ditentukan habis.
  9. Airplane Days, sehari tanpa sinyal baik internet, televisi, telepon dll.
  10. Metode fokus-istirahat-fokus, 10 menit fokus 2 menit istirahat diulangi hingga 5 kali sehingga totalnya 1 jam produktivitas.
Advertisements

webinar tentang smart city (1)

wah belum sempat untuk menyelesaikan tantangan pemograman, terlalu banyak ilmu yang udah kelupa jadi postingan ini ditinggal dlu.

Ini ke sekian kalinya saya mengikuti yang namanya webinar. Udah berapa kali saya menginstall yang namanya aplikasi citrix webinar buat nonton webinar ini.

webinar kali ini diadakan oleh oleh kampus ITB yang bertemakan smart city, dengan membawa pembicara dari Belanda yang berasal dari  Global Smart City and Community Coalition ato GSC3 (https://gsc3.city/). kebetulan si bapak bule ini memiliki misi untuk menyebarkan pemahaman akan smart city (seperti yang telah diterapkan di amsterdam) ini ke berbagai tempat didunia.

ScreenShot_20170321035711

https://gsc3.city/themes/ Continue reading

Pemodelan vektor dari skripsi (saya)

Yep, serangan ditengah malam hingga subuh -_-

Gara-gara paket data kartu provider yang diniatkan jadi langgananpun sudah mulai jaim.

Sedari sore pun simbol H+ atau G belum terbit dilayar hape, “gangguan lagi-kah?”, kata hati ini dikala menyeruput es akibat terkurung hujan dikedai penjual pizza kelas 2.

Beranjak pulang berlari-lari kecil sedikit kebasahan, hilal simbol H+ pun sudah nampak disudut kiri namun tetap tidak bisa terhubung.

Tidur sebentar berharap gangguan akan berlalu, bangun, diam sejenak dan setelah tayangan malam pun, gangguan pun masih tetap ada.

Jam 2? Jam 3? Akhirnya 🙂

Continue reading

Euler dan kunci jawaban

Yap dipagi buta untuk sebuah tantangan euler, dan muncul keinginan jahat untuk mencari jawaban (susah sekali untuk tantangan ke-4 ini -_-, gak kebayang soal ke 1000 begimana susahnya)

Banyak sekali kunci jawaban untuk tantangan euler ini, gak hanya dari C++, ada juga yang berupa java, python dll, emang terkenal euler ini yak, emang saya nya  aja yang baru mulai :p

Untuk kedepan, saya inok-inokan (baca : renungi lebih dalam) dulu untuk tantangan kedepannya, banyak soal yang salah maksud, jadi bakalan direvisi source code nya 😀

And, pelajaran hari ini, untuk penulisan source code yang lebih baik silahkan baca dulu https://en.support.wordpress.com/code/posting-source-code/

kode-in aku disini

nb : klo c++, pilih cpp

Sehingga penulisannya bisa seperti diatas

Euler #3

telat satu hari nih -_-, makanya copas dari situs lain, akibat kejar tayang 😀

https://projecteuler.net/archives

The prime factors of 13195 are 5, 7, 13 and 29.

What is the largest prime factor of the number 600851475143 ?

#bilangan prima dari 600851475143? hasil dari compile listing dibawah : 2,2,3,164728111.


#include <iostream>
using namespace std;
int prime(int x) {
int a;

for(a=2;a<=x;a++) {
if(x%a==0) {
cout << a << " * ";
x/=a;
a--;
}
}
return 0;
}

main() {
int x;
cin.clear();
cout << "masukan bilangan"<<endl; cin >> x;
prime(x);
system ("pause");
return 0;

}

Euler #2

Yosh, tantangan Euler #2 (https://projecteuler.net/archives), belum mahir dengan for nih -,- jadi lama 😀

Each new term in the Fibonacci sequence is generated by adding the previous two terms. By starting with 1 and 2, the first 10 terms will be:

1, 2, 3, 5, 8, 13, 21, 34, 55, 89, …

By considering the terms in the Fibonacci sequence whose values do not exceed four million, find the sum of the even-valued terms.

#Maksud soalnya jumlah dari deret bilangan fibonaci yang genapnya aja misalkan deretnya 1, 2, 3, 5, 8, 13, 21, 34, berarti jumlah yang genapnya 2+8+34 = 44, mungkin itu maksud soalnya kali ya :p


#include <iostream>
using namespace std;
int main ()
{
int first=1, second=1, next,b,sum=0;
cout<<"Masukan Sebuah Bilangan : " ; cin>>b ;
for (int a=0;a<b;a++)
{
if (first%2==0){
sum += first;}
cout<<"\n"<<first;
next = first + second;
first = second;
second = next;
}

cout<<"\n"<<sum;

system ("pause");
return 0;
}

Euler #1

Yosh, tantangan euler #1 (https://projecteuler.net/archives)

If we list all the natural numbers below 10 that are multiples of 3 or 5, we get 3, 5, 6 and 9. The sum of these multiples is 23.

Find the sum of all the multiples of 3 or 5 below 1000.

#include
using namespace std;
int main ()
{
int sum=0,b;
cout<<"Masukan Sebuah Bilangan : " ; cin>>b ;
for (int a=1;a<b;a++)
{
if (a %3 == 0 || a %5 == 0)
sum += a;
}
cout<<sum<<endl;

system ("pause");
return 0;
}