Program FEM (yang pernah dicoba)

Drawing.jpeg

Untuk program digunakan dalam analisa elemen hingga (FEA) cukup banyak, namun dari sebagian besar dari program yang ada digunakan untuk analisa struktur seperti pada teknik sipil atau mesin, sedangkan untuk elektrikal, pilihan kita tidak banyak. Jika kita menilik pada jurnal atau buku Evaluation of software using the finite element method by simulating transformers and inductor (untuk jurnal/buku ini silahkan dikomen postingan ini biar saya kirimkan atau cari digugel) setidaknya ada empat program yang dapat digunakan seperti; FEMM, Quickfield, Comsol dan Ansys. Tapi ada lagi program yang (kayaknya) cukup bagus seperti Flux dan CST Suite. Untuk link download program-program diatas silahkan dicari di gugel atau coba cari pada situs kearab-araban seperti http://www.download.ir atau pada http://www.downloadha.com dan sejenisnya.

Tips mengakses website dengan font arab seperti diatas, silahkan gunakan google chrome dan translate ke bahasa kesukaanmu :s

Namun untuk program FEA yang saya gunakan adalah :

FEMM

Finite element method magnetic (http://www.femm.info/wiki/HomePage)

FEMM merupakan perangkat fea yang sifatnya gratis, bebas digunakan tanpa batas waktu ataupun bebas dari pembatasan jumlah nodenya seperti pada program berlisensikan student version. FEMM diperuntukkan untuk analisa elemen hingga untuk elemen 2D.

Untuk lebih lengkapnya silahkan unduh programnya dan baca manual penggunaan programnya (http://www.femm.info/wiki/HomePage). Atau silahkan akses youtube untuk melihat preferensi gambar bergeraknya.

Bagi kamu yang memiliki pertanyaan yang tidak bisa dijawab oleh manual penggunaan FEMM atau video youtube, kamu bisa langsung bertanya ke milis FEMM di https://beta.groups.yahoo.com/neo/groups/Femm/info, namun kamu mesti join dlu dengan milisnya.

FEMM ini cukup berguna jika kita ingin melihat gambaran umum dari sebuah solusi magnetik karena programnya cukup ringan dan cepat dalam komputasinya.

Ada beberapa langkah umum yang harus dilakukan untuk mencari solusi dengan menggunakan FEMM.

  1. Pertama tentukan permasalahan yang ingin dicari solusinya. Ada beberapa solusi yang terdapat pada FEMM; magnetik, elektrostatik, aliran panas. Silahkan tengok dokumentasinya (http://www.femm.info/wiki/Documentation/),
  2. Objek yang ingin dicari solusinya. Bisa langsung dibuat pada FEMM atau diimport dari program lain. FEMM hanya menerima file berformatkan .dxf saja. Bisa tengok disini (https://www.youtube.com/watch?v=5m0eEwUBxfs),
  3. Atur material dari domain-domainnya,
  4. Atur Boundary-nya
  5. Jalankan.

Ansys

Merupakan salah satu program Fea berbayar. Fitur yang disediakan oleh Ansys ini cukup banyak jadi saya tidak dapat menjelaskan satu-persatu, namun untuk menyelesaikan permasalahan elektromagnetik (khusus untuk frekuensi rendah) kita menggunakan ansys maxwell, untuk seri program 16 kebawah, ansys maxwell merupakan satu program yang tidak tergabung dengan yang lain, namun untuk seri 17 keatas, seluruhnya digabung menjadi satu program, mungkin analoginya sama dengan adobe photoshop, adobe after effect dll yang awalnya satu-satu program namun kemudian digabung menjadi satu bundle, adobe collection. Karena saya gak dapat yang student edition student edition dapat didownload langsung dari situs resminya http://www.ansys.com/products/academic/ansys-student namun penggunaanya sedikit lebih ribet dibandingkan yang premium dan waktu untuk mempelajarinya tidak ada, makanya saya memilih menggunakan versi premium yang didapat dari torrent :D. Gak pa pa lah kan untuk education only not for commercial.

Untuk cara penggunaan ansys dalam permasalahan magnetik cukup minim, umumnya berkutat pada fluida atau panas jika kamu mencari videonya diyoutube. Mencari preferensinya termasuk pain in the ass. Lah tausai kampuang dek mancarinyo. Mungkin karena program ini lebih komersil jadi jarang mau buat tutorialnya. Mungkin kumpulan video ini dapat membantu kamu https://www.youtube.com/watch?v=Vav3TkP5Hu8&list=PLNLmSKqKLg4erJWZTVtarp1CKY3drhpS6

ANSYS maxwell dapat digunakan untuk mencari solusi baik dalam bentuk 2D atau 3D.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s