webinar tentang smart city (1)

wah belum sempat untuk menyelesaikan tantangan pemograman, terlalu banyak ilmu yang udah kelupa jadi postingan ini ditinggal dlu.

Ini ke sekian kalinya saya mengikuti yang namanya webinar. Udah berapa kali saya menginstall yang namanya aplikasi citrix webinar buat nonton webinar ini.

webinar kali ini diadakan oleh oleh kampus ITB yang bertemakan smart city, dengan membawa pembicara dari Belanda yang berasal dari  Global Smart City and Community Coalition ato GSC3 (https://gsc3.city/). kebetulan si bapak bule ini memiliki misi untuk menyebarkan pemahaman akan smart city (seperti yang telah diterapkan di amsterdam) ini ke berbagai tempat didunia.

ScreenShot_20170321035711

https://gsc3.city/themes/

Smart city terbagi atas beberapa kategori tema diatas. Dalam satu kota bisa memiliki lebih dari satu tema tergantung dari kebutuhan kota tersebut. Si pemimpin kota harus paham dengan permasalahan yang sedang dihadapi kotanya sehingga tema smart city yang tepat dapat membantu meyelesaikan permasalahan kota tersebut. Si Bapak Bule nantinya berharap berkembangnya kerjasama yang lebih dibidang ini sehingga menjadi win-win solution baik itu untuk kota yang akan merubah kotanya menjadi smart city dengan GSC3 ini, bagi GSC3, kota tersebut akan menjadi living proof dan sebagai penelitian sedangkan untuk si kota tentu mendapatkan kemudahan dari adanya sistem smart city.

Si Bule juga menyinggung mengenai smart city yang juga telah diterapkan dibandung (https://gsc3.city/cities/indonesia/bandung/).

Tidak banyak yang dapat saya tangkap dari seminar bapak bule ini, dikarenakan terlalu fokus dengan arti perkata yang disampaikan jadi banyak yang tidak ketangkap maksud pembicaraan bapak bule ini. Tapi sebagian besar pembicaraan bule ini lebih tentang pengenalan GSC3.

Lanjut ke bapak ITB, disini sibapak lebih berbicara mengenai model plan smart city. Si bapak menerangkan bahwa setiap kota memiliki model/bentuk yang berbeda, akibat perbedaan geografis dan kultural.

GoToWebinar 000 Setidaknya ada sekitar 60 % arus urbanisasi yang terjadi, dan ada 2 orang hidup dikota setiap detiknya didunia, sehingga kota harus mampu menyediakan infrasturktur yang lebih baik. Sayangnya saya tidak bisa men-screenshoot model plan karena webinar ini mengambil gambar dari jauh sehingga layar presentasi tidak begitu jelas.

Lalu si ibuk ITB lebih kemasalah lingkungan, untuk ini lebih ke penggunaan energi yang diharapkan tidak merusak lingkungan. Mungkin sekian yang bisa saya tangkap dari webinar ini walau untuk mengikuti webinar ini saya harus mencari-cari tempat hotspot yang memumpuni. -_- ayok kita lihat webinar part2 nya gimana mudah-mudahan banyak hal-hal teknis yang bisa diambil.Tak jadi menghadiri part 2nya karena gak tega ninggal mami dirumah sendiri tuk nyari tempat hostpot yang jauh dari rumah.

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s