Diriku di “Mencari hilal”

Ini tentang sebuah film.

Yep mencari hilal adlah nama sebuah yang baru saya tonton, dari judulnya saja sudah ketahuan genre filmnya apa. “Hilal” merupakan istilah yang sering didengar ketika bulan puasa menjelang lebaran. Ada beberapa kritik yang disampaikan dalam religi ini. Perjalanan si orang ayah yang tua nan bernama Mahmud dan anaknya, heli menceritakan benturan pemikiramnayah yang kuat agama dan anaknya aktivis yg mungkin pemikirannya lebih bebas.

Ada beberapa yang pesan disampaikan oleh film ini ;

#dagang itu ibadah, sibapak tidak terlalu memikirkan untung rugi dalam berdagang.

#ibadah jangan setengah-tengah, katanya samasaja dengan munafik.

#sabar, tidak jarang ada percekcokan antara bapak dan anak, sibapak puasa dan anak tidak, anak dimarahi namun tetap sabar dengan ayahnya, walaupun ada alasan tertentu mengapa sianak mau menemani perjalanan sibapak, namun tetap sabar dan sopan must the first you have to do with your parent.

#solat itu mesti didirikan. Kritik terhadap kebiasaan melalaikan solat ketika perjalanan. Dengan zaman serba cepat dan canggih ini, perjalanan yang jauh dapat dijangkau dengan cepat dan kemudian alasan inilah dijadikan melalaikan solat. Menjadi musafir bukanlah hal yang sesederhana itu, Ayah nabi Muhammad saja meninggal ketika melakukan perjalanan. Menjadi musafir lebih seperti hijrah. Ketika sampai ketujuan, ada hasrat kebaikan yang ingin dicapai dan itu melalui hal yang susah. Itu lah kenapa musafir wajib dibantu atau dijamu dan termasuk delapan golongan yang wajib diberi zakat.

#seorang muslim mesti berani. Walaupun si anak tidak kuat agamanya, namun keberaniannya mencukupkan kebijaksanaan ayahnya. Alangkah baiknya seorang muslim itu bijak dan berani.

#hidup itu tidak bicara mudah atau susah, semua orang pasti mengalaminya. Jangan membicarakan hal yang sudah diketahui orang banyak.

#don’t leave your parent, terkadang mereka itu sifatnya emang jual mahal namun butuh kita 😂 alias tsundere.

#dll

Diriku akan selalu mencoba untuk lebih baik.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s