Oat dan kopi

IMG_20161223_161221.jpgPostingan kali ini hanya berupa “lips service” karena mungkin isinya udah pada ketahuan.

Untuk orang yang dulunya sangat tidak suka dengan kebiasaan begadang, sekarang yang terjadi malah kebalikannya, karena skripsi yg tantangannya terlalu yahud dan internet murah tiap tengah malamnya. Hari-hari penuh penuh sengsara berbalut kenikmatan pun dimulai.

Ada kalanya usaha begadang pun gagal karena sudah tertidur duluan sebelum sang ayam berkokok secara konsistennya dipagi hari atau ketiduran sebelum sang penjaga mesjid mulai membangunkan para jemaah shubuh-nya dengan kata-kata “jago lai, sumbayang subuh lai” (bangun, solat subuh lagi).

Ada beberapa tips untuk tidur begadang yang sukses;

1. Yakinilah begadang itu tidak sehat. Tubuh membutuhkan istirahat. Dan malam waktu yang cocok untuk itu karena cahaya matahari siang hari dibutuhkan oleh tubuh sehingga tidur siang hari dan terjaga dimalam hari tetap saja tidak sehat. Cahaya bulan bukanlah makanan untuk tubuh kita. Jadi penuhilah kebutuhan sinar mataharimu sebelum mulai begadang.

2. Perhatikan kinerja hati. Hati bekerja penuh untuk detox pada malam hari ketika kesadaran kita dioff kan. Sehingga begadang bisa saja meminimalkan fungsi hati karena kita tidak off. Sehingga orang pola hidup sehatlah yang diperbolehkan untuk begadang (namun orang pola sehat gak bakalan begadang :3 ) karena semakin sehat semakin sedikit kerja detoxifikasi dalam tubuh sehingga hati tidak bekerja terlalu berat ketika begadang.

3. Nutrisi, dengan keadaan terjaga sepanjang malam membuat fungsi otak terus berjalan, dan otak memerlukan gula konstam untuk tetap bekerja. Sehingga cenderung orang yang begadang kelaparan dimalam hari. Namun kebutuhan gula haruslah sekedar cukup jika berlebih akan menimbulkan kantuk. Teringat pernah nyiapin nasi goreng buat begadang, malahan setelah makan nasi goreng, rasa kantuk jadi tak tertahankan.

4. Hindari kegiatan yang membosankan dan menatap layar monitor, laptop, tv dan hp terus menerus. Kebosanan memicu keinginan untuk tidur dan menatap layar terlalu lama akan menyebabkan mata lelah. Disarankan mengaktifkan mode redup pada setiap layar.

Lalu apa hubungan dengan oat dam kopi?

Terlepas dari kegiatan membosankan dan melelahkan aktivitas yang dilakukan saat begadang, disarankan untuk tidak berlebihan mengonsumsi zat gula. Tak jarang nyantap nasi goreng ditengah malam hari menggagalkan agenda mantap begadang saya -.-. Ada yang bilang, terlalu banyak makan menyebabkan lambung bekerja keras dan membuat tubub lelah atau, rasa kenyang yang ditimbulkan memanggil hormon rasa senang, sehingga tubuh berada dalam keadaan nyaman (kode untuk tidur).

Oat merupakan salah satu makanan pokok yg tidak lazim dinegara tropis kini ini, namun dibandingan dengan nasi, rasa kenyang yg ditimbulkan oat lebih cepat terasa, sedangkan nasi katanya memiliki zat candu, jadi jangan salah “tambuah ciek” hal biasa ketika menyantap nasi. Rasa kenyang dan hambarnya oat membuat sipemakan menyantap oat secukupnya. (Ditambah susu cair manis tetap hambar -,-)

Lalu kopi, jujur saja, akhir-akhir saya keseringan mengonsumsi minuman energi (miner). Baik miner atau kopi memiliki senjata pamungkas para all-nighter yaitu kafein. Untuk takaran kafein ala BPOM indonesia cukup rendah ketimbang diluar negeri, 50 mg dan sesuai riset, secangkir kopi juga memiliki kadar kafein yang sama. Namun dibanding kopi, biasanya miner dilengkapi oleh vitamin B sehingga rasa pegal bisa dilawan sedangkan kopi, besar gula yang dikandungnya bisa diatur oleh sipeminum. Namun karena kopi tidak memiliki zat pengawet, pewarna, dan perasa, kopi dianggap lebih sehat. Btw kopi itu memiliki rasa asam nya jadi konsumsi kopi tanpa gula dalam perut kosong tidak dianjurkan (mungkin).

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s